Selamat Datang Diblog Andi Riyanto * jadikan hidupmu bermanfaat bagi orang yang kamu sayangi * ingatlah kelemahanmu itu adalah kelebihanmu * masalah itu timbul dari pikiran kita *

Rabu, 02 Maret 2011

Bantahan Buat Tuduhan Cocologi Sains dalam Islam

Bantahan Buat Tuduhan Cocologi Sains dalam Islam
oleh Islamic Science Group (ISG) pada 08 Desember 2010 jam 0:11
Jika al-quran selalu dicocologi kedalam sains, lantas kenapa hanya al-quran yang bisa dicocologi kedalam sains? kenapa kitab lainnya tidak? penggunaan kalimat yang bermakna luas semua kitab suci juga demikian tapi tetap tidak bisa mencocokannya kedalam sains, al-quran adalah kitab universal milik manusia dimuka bumi semuanya tanpa terkecuali, untuk masa nabi muhammad sampai kemasa sekarang, jika al-quran menggunakan bahasa yang jelas tentang sains apakah ada jaminan orang zaman dahulu akan mengerti?

Sekarang misalnya ada mesin waktu yang bisa mengantarkan herwits pada 14 abad yang lalu, bagaimana cara herwitz menjelaskan tentang atmosfir kepada mereka? Bagaimana cara herwitz menjelaskan proses ledakan gunung kemereka? Bagaimana cara kamu menjelaskan hukum-hukum fisika kepada mereka? Bagaimana anda bisa menjelaskan pesawat? Bagaimana anda menjelaskan Telephon? Ok kalau misimu datang kesana untuk mengajarkan sains kamu bisa punya waktu banyak buat mengajar mereka, kamu menjelaskan cara kerja pesawat sampai kemesin sampai pembuatan mesin dansebagainya, begitu juga telphon kamu punya waktu menjelaskan tiangnya kabelnya pemancar dan lainnya, tapi gimana kalau misi kamu bukan untuk itu tapi yang sebenarnya untuk memperbaiki moral mereka sekaligus menjelaskan bahwa Tuhan yang mereka sembah itu tidak ada tidak mampu membuat seperti hukum-hukum fisika? yang pasti anda akan menjelaskan sebatas sebagaimana bahasa yang mereka paham saja. Mungkin anda akan mengatakan tentang pesawat “lihat lah dizaman yang akan datang kalian akan mengendarai burung besar yang bisa di tunggangi ratusan orang (Pesawat), kalian akan naik capung (Heli), kalian akan bicara sendiri dengan gagang cambuk (Telpon). Nah jika itu terjadi saat ini orang-orang yang mencatat ucapan mu akan berkata “sangat cocok sekali ucapan orang benar herwits itu tentang sains” tapi orang yang tidak percaya herwits itu ada akan mengatakan “Penganut herwitsnism mengatakan hal yang lucu mereka melakukan cocologi untuk menarik minat masuk kedalam ajaran herwitznism”.
Hanya dalam waktu 20 tahun lebih itu sebenarnya bukan untuk misi menjelaskan sains bagi umat manusia tapi sebagai perbaikan moral manusia yang telah rusak, saya jadi ingat banyak orang atheist mengatakan bahwa Quran adalah buku sains, padahal siapa yang mengatakan itu? Kita terjebak dalam bahasa mereka, yang kita katakan Quran tidak bertentangan dengan fakta penciptaan bukan berarti Quran adalah buku sains, lihat ucapan Herwitz di blognya :
“Cocologi yang dilakukan oleh kaum agamawan seolah-olah membuat Tuhan tampak begitu pelit dalam memberikan ilmu pengetahuan karena Ia tidak menjelaskan secara detail teks (ayat) yang diturunkan-Nya, sehingga sering menimbulkan multi-tafsir dan pertentangan...”
Ucapan itu seolah-olah atheist mengatakan bahwa quran itu kitab sains, padahal siapa bilang quran itu kitab sains? Kitab al-quran adalah panduan hidup umat manusia, baik muslim maupun non muslim. Sama seperti buku manual komputer, apa mungkin buku manual tersebut bercerita tentang cara membuat software? Cara membuat microkontroler yang ada di CPU? Buku manual komputer ya hanya sekedar menjelaskan bagaimana cara merawat komputer, jangan pernah anda berfikir bisa mengetahui cara menjadi programer berdasarkan buku manual perawatan komputer, begitu juga anda menuntut tuhan untuk menunjukkan sains secara details didalam Quran yang hanya buku panduan hidup, sama seperti anda mngharapkan dalam kitab suci ada cara membuat nuklir dan bom, itu mustahil karena anda salah baca buku, Quran adalah manual hidup bukan kitab sains.
Jika ada dua buah buku manual komputer yang berbeda yaitu yang palsu dan yang benar, maka kita ujilah isinya berdasarkan pengetahuan komputer yang kita miliki, tidak mungkin anda akan percaya dengan buku manual komputer yang mengatakan komputer terbuat dari kancing celana dalam dan tali rapia. Jadi kesesuaiannya itu yang kita anggap ini lah faktanya bahwa buku manual ini asli dari pabrik komputer bukan malah kita mengatakan inilah dia buku komputer trus jadi bingung dimana penjelasan cara buat software?
Contoh dari cocologi adalah jika saya mengatakan Quran ini kitab panduan hidup yang ternyata isinya tidak bertentangan dengan fakta penciptaan, ucapan saya itu dicocologi oleh atheist dengan mengatakan si Arsy mengatakan Quran itu kitab sains. Itu jelas suatu metode cocologi dari ucapan orang lain dicocokkan berdasarkan isi otak sendiri.
--Liem Arsy


sumber: http://id-id.connect.facebook.com/note.php?note_id=129267360468020

Kataku

ketika kita tidak mencoba, maka kita tidak akan mengalami kesalahan, sehingga apa yang disebut keberhasilan juga kita tidak akan mengetahuinya. Sesuatu yang baru itu lebih membuat kita tertantang, sehingga kita dapat menabung dalam bank pikiran kita, sehingga kita dapat mengambilnya suatu nanti apabila kita membutuhkanya.
Andi Riyanto
Template by : kendhin x-template.blogspot.com