Selamat Datang Diblog Andi Riyanto * jadikan hidupmu bermanfaat bagi orang yang kamu sayangi * ingatlah kelemahanmu itu adalah kelebihanmu * masalah itu timbul dari pikiran kita *

Jumat, 29 April 2011

Menguping Dosa....?

Menguping,,,? Nah sebelum kita membahas hal ini, terlebih dahulu kita mencari pengertian menguping. Menguping ini menurut saya yaitu mendengarkan pembicaraan orang lain sedang mereka tidak menyukainya. Nah kalau kalian sendiri bagaimana?
Allah SWT dalam surat Al-Hujurat:11 berfirman :
“Dan janganlah kamu mengintai orang lain…” (Al-Hujurat:11)
Selauin ayat tersebut, ada juga hadis yang melarang tentang menguping itu sen diri. Rasulullah SAW bersabda:
“Barang siapa mendengarkan dua kaum sedasng mereka membenci hal itu, niscaya dituangkan di kedua telinganya timah mendidih pada hari kiamat” (HR Bukhori)
Nah sekarang sudah jelaskan hukumnya menguping? Yaitu Dosa alias tidak diperbolehkan. Hal ini bias menambah dosa yang lain loh, misalnya: kalau pembicaraan itu tersebar tanpa diketahui sama mereka, dengan maksud mencelakakan, maka akan menambah dosa, dosa tajsus (mencuri DEngar) yakni dosa mengadu domba. padahalRasulullah SAW Bersabda: “tidak akan masuksurga tukang adudomba” (HR ibnu Majah).

Kataku

ketika kita tidak mencoba, maka kita tidak akan mengalami kesalahan, sehingga apa yang disebut keberhasilan juga kita tidak akan mengetahuinya. Sesuatu yang baru itu lebih membuat kita tertantang, sehingga kita dapat menabung dalam bank pikiran kita, sehingga kita dapat mengambilnya suatu nanti apabila kita membutuhkanya.
Andi Riyanto
Template by : kendhin x-template.blogspot.com